Unila Gandeng KAP Indarto Waluyo Audit Eksternal

logo-unila-statuta-finalSumber: Unila

(Unila): Universitas Lampung (Unila) melangsungkan audit eksternal dengan menggandeng Kantor Akuntan Publik (KAP) Indarto Waluyo mulai hari ini, Rabu (11/3). Sebelumnya, kedua belah pihak mengadakan temu awal di ruang sidang lantai II gedung Rektorat Unila dan dihadiri oleh para dekan, wakil dekan bidang II, kepala UPT, ketua lembaga, kepala biro, SPI, dan tim keuangan.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Dr. Ir. Dwi Haryono, M.S., mewakili Rektor Unila mengatakan, audit eksternal dilakukan sesuai implementasi PP Nomor 23 Tahun 2005 yang menyatakan bahwa Universitas Lampung sudah masuk dalam PK-BLU (Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum) , maka audit harus dilakukan secara internal dan eksternal. Khusus audit secara internal, katanya, sudah dilakukan secara periodik oleh pihak inspektorat dan pihak rektorat dalam hal ini bagian SPI (Satuan Pengendalian Internal, red).

Menurut Dwi, cukup banyak kantor akuntan publik yang menawarkan jasanya untuk mengaudit sistem keuangan Unila. Namun dirinya menilai, rekam jejak KAP Indarto Waluyo cukup memadai karena sudah teregister langsung dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Selain itu sebelumnya tim KAP Indarto Waluyo sudah memberikan bimbingan teknis untuk tim keuangan Unila selama satu tahun.Sehingga untuk menuju pengelolaan keuangan yang lebih baik pihaknya memilih KAP Indarto Waluyo untuk melakukan audit eksternal pada sistem keuangan Unila.

“Dari tahun 2010 hingga 2013 Unila mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Mudah-mudahan pada tahun buku 2014 opini WTP ini masih dapat dipertahankan. Salah satunya dengan melakukan audit eksternal ini,” ujarnya, kemarin.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan proses audit eksternal ini akan berlangsung mulai 11 Maret dan berakhir hingga 31 Maret mendatang. Semua unit kerja baik tingkat universitas, fakultas, maupun UPT di lingkungan Universitas Lampung akan didatangi oleh KAP Indarto Waluyo.

Dwi mengimbau seluruh satuan kerja kampus setempat dapat mempersiapkan apa yag diperlukan dan memfasilitasi tim KAP Indarto Waluyo selaku rekan kerja. Hal tersebut ditujukan untuk membenahi apa-apa yang sudah dilakukan Unila selama setahun lalu.

Sementara itu, Indarto Waluyo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada lembaganya untuk mengaudit sistem keuangan Unila tahun buku 2014. Menurutnya, audit eksternal bukan kegiatan rutin melainkan penerapan PMK Nomor 76 yang menyatakan bahwa audit keuangan merupakan kewajiban setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Kami akan berkunjung ke fakultas, lembaga, maupun UPT di lingkungan Unila sesuai waktu yang dijadwalkan. Dengan demikian diharapkan bisa memberikan yang terbaik untuk universitas yang kemudian bisa meningkatkan visi dan misi Unila.”

Advertisements

About akuntansibisnis
Me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: