Analisis Intern

Oleh: Harry Andrian Simbolon, SE., M.Ak., QIA

Analisis intern akan dapat menunjukkan berbagai kelemahan yang melekat pada perusahaan. Kesadaran bahwa perusahaan punya keterbatasan akan mendorong manajemen perusahaan  untuk berpikir dan bertindak realistis menghadapi isu-isu strategis yang sedang dihadapi perusahaan dan berusaha menyusun program prioritas. Ada lima hal yang ingin dicapai dalam analisis intern, yaitu:

  1. Untuk menilai apakah strategi sekarang telah berjalan dengan baik ?
  2. Apa kekuatan mupun kelemahan atau kemampuan istimewa perusahaan ?
  3. Apakah harga jual dan biaya perusahaan cukup bersaing ?
  4. Seberapa kuat posisi bersaing perusahaan ?
  5. Isu-isu strategis apa yang dihadapi perusahaan ?

ANALISIS STRATEGI YANG SEDANG BERJALAN

Langkah pertama yang perlu dilakukan manajemen adalah mempertanyakan tentang seberapa jauh strategi yang dirancang perusahaan telah berjalan baik dan menemui sasaran yang dimaksud. Dalam hal ini , indicator yang bisa dilihat adalah:

  1. Ranking market share perusahaan dalam industry yang bersangkutan
  2. Apakah profit margin naik atau turun dan seberapa besar PM tersebut dibandingkan dengan marjin pesaing.
  3. Trend laba bersih perusahaan dan ROI.
  4. Kredit rating dan posisi asset yang dimiliki perusahaan.
  5. Apakah penjualan perusahaan tumbuh lebih cepat atau lebih lambat dibandingkan pasar keseluruhan.
  6. Image dan reputasi perusahaan di mata konsumen.
  7. Apakah perusahaan termasuk leader dalam teknologi, inovasi produk, kualitas produk, pelayanan pelanggan.

ANALISIS KEKUATAN DAN KELEMAHAN PERUSAHAAN

Dalam menyusun strategi manajemen, manajemen harus mengidentifikasi berbagai variable intern yang dapat menunjukkan kekuatan maupun kelemahan perusahaan. Kemampuan identifikasi ini akan membantu perusahaan dalam membangun secara bertahap kompetensi. Analisis SWOT merupakan teknik yang sering digunakan untuk mendapatkan gambaran dengan cepat mengenai situasi strategis perusahaan. Analisis intern lain yang dapat dilakukan yaitu: analisis value chain dan biaya strategis, analisis penilaian kekuatan persaingan dan anaisisis 7 – S framework yang mencakup –structure, strategy, staff, management style, system dan procedures, skills dan shared values.

Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan

Setiap perusahaan harus mampu menjalankan strategi yang sesuai dengan keahlian atau kemampuan utamanya (core competency) sehingga memiliki kemampuan bersaing yang paling kuat dan pada gilirannya akan mampu menempatkan perusahaan dalam posisi keunggulan pasar (market advantage). Sementara itu, kelemahan mrupakan sesuatu kekurangan yang mungkin dirasakan dibandingkan dengan pesaing atau yang menimbulkan keterbatasan sehingga tidak dapat meraih apa yang diharapkan.

Core Competencies – Suatu perusahaan dianggap kompeten jika perusahaan mampu melakukan usahanya dengan sangat baik dibandingkan dengan pesaing. Jika pesaing tidak mempunyai kemampuan yang sama, akan butuh waktu dan biaya mahal bagi pesaing untuk menandingi kemampuan perusahaan. Jadi, core competence merupakan asset yang bermanfaat dan menjadi penyangga utama keberhsilan perusahaan.

Identifikasi Peluang dan Ancaman

Dalam setiap peluang, harus disadari bahwa ada ancaman yang selalu mengikutinya. Ancaman dapat berasal dari munculnya teknologi yang lebih canggih, dikenalkannya produk baru yang lebih baik, masuknya pesaing dengan modal kuat, adanya regulasi pemerintah, naiknya tingkat bunga, fluktuasi kurs rupiah terhadap mata uang asing kuat, mudah keluarnya pendatang baru yang mengacaukan prediksi pasar.

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL DAN RANTAI NILAI

Perbedaan biaya dengan pesaing dekat dapat timbul karena adanya selisih harga yang dibayar untuk bahan baku, tenaga kerja, maupun biaya overhead yang dikeluarkan perusahaa. Selisih biaya overhead pabrik terjadi karena adanya perbedaan waktu pengadaan fasilitas pabrik seperti pembelian mesin dan peralatan ataupun perbedaan teknologi sehingga mempengaruhi skala ekonomi, tingkat produktivitas, dan struktur organisasi yang pada akhirnya akan mempengaruhi perhitungan efisiensi. Untuk mengatasi perbedaan biaya dengan pesaing terdekat, produsen perlu melakukan analisis rantai nilai.

Analisis Strategi Biaya dan Rantai Nilai

Analisis rantai nilai merupakan suatu cara untuk memahami aktivitas-aktivitas intern yang dilakukan perusahaan yang dapat menunjukkan kekuatan dan kelemahan perusahaan serta biaya strategi.

Konsep Rantai Nilai

Analisis rantai nilai mengidentifikasi aktivitas, fungsi dan proses bisnis yang harus dilaksanakan dalam merancang, memproduksi, memasarkan dan mengirimkan produk. Dalam analisis rantai nilai, manajemen harus berusaha mengidentifikasi berbagai aktivitas yang menambah nilai bahan baku menjadi barang jadi yang siap dipakai oleh konsumen.

Analisis Rantai Nilai, Core Competencies dan Compotiitve Advantage

Untuk mencapai keuntungan maksimal perusahaan harus memilih aktivitas yang paling dikuasai dan sesuai dengan kondisi lingkungan jauh, dekat, dan internperusahaan sehingga dapat menggunakan sumber daya yang efisien dan dapat menghasilkan konstribusi  marjin yang paling maksimal bagi perusahaan.

Untuk mempertahankan keunggulan bersaing yang terus menerus, perusahaan harus berusaha untuk focus pada apa yang disebut generic building blocks of competitive advantage, yaitu sejumlah factor penting bersifat umum yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam bisnis bersangkutan.

ISU-ISU STRATEGIS APAKAH YANG DIHADAPI PERUSAHAAN

Untuk mengidentifikasi isu-isu penting yang menjadi agenda tindakan strategis perusahaan, manajer perlu memperhatikan:

  • Apakah strategi yang dijalankan sekarang sudah cukup memenuhi terhadap pencapaian faktor-faktor yang menentukan keberhasilan perusahaan pada masa depan.
  • Apakah keberhasilan pencapaian future key success tersebut sejalan dengan misi yang dijalankan perusahaan.
  • Adakah kemungkinan strategi sekarang tidak cukup ampuh untuk mengatasi kelemahan intern dan menangkal ancaman dari luar terhadap keberadaan bisnis perusahaan.
  • Apakah perusahaan memiliki keunggulan bersaing atau harus bekerja lebih keras untuk mengatasi kelemahan bersaing.
Advertisements

About akuntansibisnis
Me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: