Integrasi Komponen SIA

Oleh: Harry Andrian Simbolon, SE., M.Ak., QIA

Integrasi komponen hardware

Bagian-bagian dari hardware satu sama lain harus berhubungan dan bekerja sama secara harmonis/berintegrasi membentuk hardware sistem informasi akuntansi. Hardware yang digunakan untuk sistem informasi akuntansi harus sesuai atau harmonis dengan kebutuhan sistem informasi akuntansi yang diterapkan dan juga sesuai dengan kemampuan keuangan perusahaan.

Spesifikasi hardware mana yang dipilih untuk sistem informasi akuntansi yang diterapkan harus disesuaikan  dengan kemampuan keuangan, situasi, kondisi dan kebutuhan manajemen perusahaan, serta sumber daya manusia yang tersedia di perusahaan tersebut yang akan menjalankan sistem informasi akuntansi tersebut. Sehingga nantinya pengunaan komputer dalam sistem informasi akuntansi benar-benar efektif. Analisis lebih jauh dapat juga melihat dari sudut kualitas komponen hardware dan merek komputer yang digunakan.

Integrasi komponen software

Software terbagi dua kelompok besar yaitu software system dan software aplikasi, software system terbagi lagi kedalam beberapa kelompok yaitu system operasi, interpreter, dan compiler. Dalam memilih software apa yang akan dipakai akan lebih baik memilih dulu sistem operasi  apa yang akan digunakan sesuai dengan aplikasi yang akan dioperasikan. Lebih baik memilih software lama yang telah teruji dari pada software baru yang kelihatan bagus. Karena hampir semua aplikasi sistem informasi akuntansi saat ini berbasis jaringan  maka sudah barang tentu kita memilih aplikasi yang dapat dijalankan pada jaringan tersebut.

Integrasi software dengan hardware

Sistem operasi yang dipakai harus disesuaikan dengan komputer yang akan menjalankannya. Penggunaan software terbaru namun tidak didukung oleh hardware yang baru juga maka akan menyebabkan error atau tidak berjalannya aplikasi dengan baik. Maka dari itu perlu adanya keharmonisan antara sistem operasi yang digunakan dengan hardware-nya.

Integrasi software aplikasi dengan sistem operasi dan hardware

Meskipun sekarang ini relatif tidak banyak masalah karena digunakannya sistem open sistem oleh hampir semua sistem operasi yang beredar saat ini, akan tetapi kita harus mengingat bahwa software baru biasanya dibangun dengan kemampuan sistem operasi baru sehingga ada resiko software aplikasi yang dipakai tidak sesuai dengan softwarenya. Software aplikasi juga harus sesuai dengan beban kerja yang akan dipikul oleh aplikasi tersebut. Hal ini biasanya erat sekali kaitannya dengan kemampuan hardware yang digunakan mulai dari hardisknya, prosesornya, memorynya dan lain-lain.

Integrasi komponen brainware

Jenjang brainware yang banyak digunakan adalah:

  • Manajer sistem informasi
  • Analis sistem
  • Database administrator
  • Ahli jaringan
  • Programer
  • Operator
  • Pustakawan

Semua jenjang brainware tersebut harus dapat bekerja sama secara harmonis dalam mendukung berjalannya sistem informasi akuntansi.

Integrasi antara brainware, software dan hardware

Saat ini komputer yang dijual sudah diuji dengan baik sebelum dipasarkan, karena itu tidak banyak masalah lagi yang kita jumpai dalam hal integrasi software dan hardware. Masalahnya lebih terletak bagaimana mengintegrasikan brainware ke komputer tersebut untuk kebutuhan SIA. Karena itu harus dipilih software terbaik yang sesuai dan selalu up to date pada kebutuhan SIA. Untuk memilih software yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan SIA dapat diperoleh baik  dengan membeli software jadi, membuat senidiri atau menggunakan bantuan pihak eksternal.

Integrasi komponen prosedur

Prosedur bila dapat diprogram berubah menjadi software. Prosedur seringkali digunakan sebagai alat kontrol satu transksi oleh  transaksi lainnya yang terjadi di bagian yang sama atau dengan bagian lain dan disebut sebagai internal check. Agar SIA dapat berjalan dengan baik, antara prosedur yang satu dengna prosedur yang lainnya harus terjalin kerjasama yang harmonis atau bersinergi. Jangan sampai satu prosedur  berjalan sendiri dan tidak terkait dengan prosedur yang lain.

Integritas prosedur dengan brainware, software dan hardware.

Prosedur merupakan rangkaian aktivitas atau transaksi, aktivitas pada dasarnya segala sesuatu yang dilakukan oleh brainware berdasarkan informasi yang masuk dan persepsi tentang informasi tersebut. Jadi agar suatu prosedur dijalankan oleh brainware secara harmonis atau bersinergi satu sama lain maka persepsi yang dimiliki oleh brainware (karyawan) yang menjalankan prosedur tersebut satu sama lain harus harmonis. Prosedur merupakan komponen SIA, prosedur yang diterapkan harus sesuai juga dengan hardware, software, database dan teknologi jaringan komunikasi yang digunakan.

Integrasi komponen database

Database merupakan data-data yang ada diperusahaan, dalam arti lebih sempit database merupakan data-data yang ada di dalam komputer. Data data dalam databse (komputer) satu sama lain harus berhubungan secara harmonis. Integrasi yang terjadi tergantung kepada informasi apa yang diperlukan.

Integrasi database dengan hardware, software, brainware dan prosedur.

Database yang dibangun harus diperhitungkan perkiraan volumenya, volume ini terkait dengan kapsitas hard disk yang dibutuhkan dan tipe prosesor yang cocok untuk menangani sejumlah data yang diperkirakan. Dari perkiraan volume tersebut kita dapat menentukan database management sistems (DBMS) mana yang cocok,  apakah DBMS kecil samapai menengah yang tepat atau DBMS kelas besar.

Database yang digunakan juga harus sesuai atau ditunjang oleh prosedur yang cocok. Agar data yang tersimpan dalam database akurat, relevan, tepat waktu dan lengkap maka harus ditunjang oleh prosedur untuk menjamin bahwa data yang dimasukkan  tersebut telah memenuhi kriteria yang diharapkan, karena kualitas informasi yang dihasilkan sangat tergantung kepada kualitas data yang dimasukkan.

Integrasi teknologi jaringan telekomunikasi

Jaringan telekomunikasi  atau disebut juga sebagai jaringan komunikasi data. Pada dasarnya merupakan penggunaan media elektronik atau sinar memindahkan data dari satu lokasi ke satu atau beberapa lokasi yang lain. Komponen network tersebut harus berintegrasi membentuk jaringan data dalam SIA. Misalnya bila LAN akan menggunakan jaringan komunikasi data dengan kecepatan 10/100/1000 MB/detik maka semua komponen tersebut harus mendukung kecepatan tersebut.

Integrasi teknologi jaringan telekomunikasi dengan hardware, software, brainware, prosedur, dan database.

Keharmonisan teknologi yang digunkan dalam jaringan komunikasi (network) harus sesuai degan hardware yang digunakan. Gunakanlah komponen jaringan yang mendukung kecepatan transfer data dalam SIA yang kita harapkan. Teknologi jaringan komunikasi yang digunakan juga harus sesuai dengan software sistem operasi yang digunakan. Karena itu, hardware komponen yang digunkan biasanya selalu dilengkapi dengan softwarenya agar harmonis dengan sistem operasi yang digunakan.

Demikian juga dengan brainware jaringan komunikasipun harus harmonis. Kecepatan jaringan komunikasi harus disesuaikan dengan kebutuhan user (brainware ) yang berkepentingan dengan data tesebut, apakah dibutuhkan secara realtime atau sedikit penundaan tidak masalah.

Salah satu tujuan penggunaan jaringan komunikasi yaitu untuk mempercepat transfer data dari satu lokasi ke beberapa lokasi lain. Jangan sampai prosedur yang digunakan untuk mengoperasikannya justru memperlambat proses yang terjadi. Misalnya dalam menggunakan sistem keamanan jaringan, sistem kewenangan mengakses data dan lainnya.

Advertisements

About akuntansibisnis
Me

8 Responses to Integrasi Komponen SIA

  1. Pingback: Integrasi Database, Integrasi Software dan Integrasi Middleware | wahyurudiasti

  2. Pingback: Sistem, Integrasi, Migrasi dan Implementasi pada Smart City | ngurahwira

  3. Pingback: INTEGRASI DATABASE PADA SOFTWARE,MIDDLEWARE DAN BRAINWARE | gwahag

  4. Pingback: Integrasi Database, Integrasi Software dan Integrasi Middleware | imsbidaayuwipra

  5. Pingback: INTEGRASI DATABASE PADA SOFTWARE, MIDDLEWARE, BRAINWARE | gwahag

  6. Pingback: Integrasi Database, Software, Middleware dan Implementasi pada Smart City | candradmy

  7. Pingback: Integrasi Database, Software, Middleware serta Implementasi pada Smart City | candradmy

  8. itu pasti referensinya dari tugasnya pa azhar susanto ya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: