Howard Street Jewelers Case

case-studies imageOleh: Harry Andrian Simbolon, SE., M.Ak., QIA., Ak., CA

Selama lebih dari empat dekade, Lore Levi dan suaminya, Julius, memiliki dan mengoperasikan bisnis kecil. Bisnis ini pernah mengalami pasang surut sebelumnya, tapi sekarang tampaknya bisnis ini berada dalam sebuah kejatuhan yang kemungkinan tidak bisa pulih. Di masa sebelumnya ketika penjualan berkurang, keluarga Levi selamat dengan memotong biaya di sana-sini. Tapi sekarang, meskipun beberapa biaya sudah dikontrol, posisi kas Perusahaan terus menerus memburuk. Jika perputaran tidak terjadi segera, Nyonya Levi takut bahwa dia dan suaminya mungkin terpaksa menutup toko mereka.

Nyonya Levi punya teori mengenai masalah keuangan dari Howard Street Jewelers. Pada beberapa kesempatan, ia bertanya-tanya apakah Betty (sang kasir), karyawan yang terpercaya dan dapat diandalkan selama hampir dua puluh tahun, mungkin mencuri dari kas register. Bagi Nyonya Levi, itu adalah asumsi logis. Selain bekerja sebagai petugas penjualan paruh waktu, Betty menangani semua uang yang masuk ke bisnis dan mengatur penerimaan kas dan catatan penjualan. Jika ada yang memiliki kesempatan untuk mencuri dari Perusahaan, itu adalah Betty.

Dengan enggan, Nyonya Levi memberi tahu suaminya tentang teorinya. Nyonya Levi menunjukkan kepada Julius bahwa Betty memiliki akses tidak terbatas ke penerimaan kas dari bisnis. Selain itu selama beberapa tahun sebelumnya, Betty memiliki selera untuk gaya berpakaian yang mahal dan liburan yang mahal. Julius cepat menepis spekulasi istrinya. Baginya, kemungkinan bahwa Betty bisa mencuri dari Perusahaan tampak tidak masuk akal. Nyonya Levi yang frustasi kemudian memberitahukan hal ini ke anaknya, Alvin, yang bekerja berdampingan dengan orang tuanya dalam bisnis keluarga. Tanggapan Alvin sama dengan ayahnya dan memperingatkan ibunya bahwa ia menjadi paranoid.

Menjelang setiap akhir tahun, keluarga Levi bertemu dengan akuntan mereka untuk mendiskusikan berbagai hal, terutama tentang perpajakan. Keluarga Levi memberikan kepercayaan yang cukup besar pada akuntan mereka, karena hampir empat puluh tahun akuntan mereka telah memberi mereka saran profesional pada berbagai masalah akuntansi Perusahaan. Itu wajar bagi Nyonya Levi memberitahu kepada akuntan tentang kecurigaannya mengenai Betty sang kasir. Akuntan mendengarkan dengan penuh perhatian kepada Nyonya Levi dan kemudian berkomentar bahwa ia telah melihat kekurangan sesekali dalam penerimaan kas. Catatan Kas yang tampak lebih besar dari biasanya untuk bisnis ritel kecil. Meskipun Julius memprotes bahwa Betty tidak bisa bertanggung jawab atas kekurangan kas, akuntan mendorong keluarga Levi untuk memonitor pekerjaannya.

Penggelapan sering ditemukan oleh keberuntungan bukan oleh desain. Begitu juga dalam Howard Street Jewelers. Pada musim semi tahun 1985, pelanggan datang ke kasir dan mengatakan kepada Alvin Levi bahwa ia ingin melakukan pembayaran angsuran. Alvin, yang bekerja sebagai kasir karena Betty sedang tidak masuk kerja, mencari file dari bukti penjualan angsuran dan catatan penjualan harian tapi tidak menemukan jejak pembelian angsuran pelanggan. Akhirnya, ia meminta maaf dan meminta pelanggan untuk kembali keesokan harinya ketika Betty kembali bekerja.

Hari berikutnya, Alvin mengatakan kepada Betty bahwa ia tidak dapat menemukan bukti penjualan angsuran. Betty terkejut dan mengatakan dia akan mencari bukti transaksi tersebut sendiri. Dalam beberapa menit, Betty mendekati Alvin, lalu memberikan bukti penjualan. Alvin yang bingung karena dia telah mencari file penjualan angsuran tersebut beberapa kali dan hanya tidak bisa menerima penjelasan Betty bahwa bukti yang hilang berada di tempat itu selama ini. Mencurigakan juga adalah fakta bahwa penjualan itu belum tercatat dalam catatan penjualan – pengawasan sederhana, Betty menjelaskan. Saat Alvin kembali ke pekerjaannya, ia sangat terganggu dan merasa memuakkan di perutnya. Selama beberapa minggu berikutnya, Alvin mempelajari penjualan dan catatan penerimaan kas harian. Dia segera menyadari bahwa ibunya telah benar selama ini bahwa Betty kasir yang terpercaya, handal, dan telah bekerja lama di Howard Street Jewelers, sudah mencuri dari perusahaan. Taksiran kerugian penggelapan yang diderita oleh Howard Street Jewelers selama jangka waktu kerja Betty mendekati $ 350.000.

Advertisements

About akuntansibisnis
Me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: