Mengetahui Perataan Laba Menggunakan Indeks Eckel

SL_Smoothing_GraphOleh: Harry Andrian Simbolon, SE, M.Ak, QIA, Ak, CA, CPA

Disebabkan karena masih banyaknya minat pembaca weblog saya ini yang menanyakan detail perhitungan perataan laba menggunakan alat analisis Indeks Eckel, maka dalam tulisan ini saya akan memberikan penjelasan secara comprehensive mengenai cara menghitungnya. Semoga setelah tulisan ini terbit, email saya tidak dipenuhi pertanyaan-pertanyaan seputar hal ini lagi.

Namun sebelum masuk kedalam inti tulisan ini, saya mau sedikit bercerita mengapa riset sarjana saya dulu membahas tentang perbankan. Ketika masuk ke jurusan akuntansi dulu, saya sangat bercita-cita ingin menjadi bankir, oleh karena itu seluruh mata kuliah yang terkait perbankan saya ambil semuanya. Jika ada seminar atau kuliah umum tentang perbankan pasti saya usahakan sebisa mungkin ikut. Pun demikian dengan skripsi, saya tetapkan haruslah membahas tentang perbankan. Saat itu riset tentang earning management dan income smoothing masih sangat hangat, oleh karena itu saya mengambil judul ini dan mengaitkannya dengan perusahaan perbankan. Dan kalian tahu! Setelah lulus kuliah sampai sekarang, tidak sekalipun saya pernah bekerja di bank. Begitulah kata Bang Napi, pekerjaan itu bisa terjadi bukan saja karena niat si pelakunya, tetapi karena ada kesempatan. He..he..

Barnea et al (1976) mendefenisikan perataan laba sebagai pengurangan yang disengaja terhadap fluktuasi pada beberapa level laba supaya dianggap normal bagi perusahaan. Sedangkan menurut Beildman (1973) perataan laba adalah suatu usaha yang dilakukan manajemen untuk menekan variasi dalam laba sejauh yang dimungkinkan oleh prinsip akuntansi.

Untuk mengetahui suatu perusahaan termasuk dalam kelompok yang melakukan perataan laba atau tidak maka digunakan indeks Eckel (1981). Bayangkan alat analisis ini diperkenalkan hampir empat puluh tahun lalu, dan sampai sekarang masih banyak yang menggunakannya. Tidak adakah alat analisis yang lebih up to date gitu? Anyway, perhitungan indeks Eckel adalah sebagai berikut:

Indeks Perataan laba = (CVΔI/CVΔS)

Dimana ΔI adalah Perubahan laba dalam suatu periode, ΔS adalah Perubahan pendapatan dalam suatu periode, CV Koefisien variasi dari variabel, yaitu standar deviasi dibagi dengan nilai yang diharapkan, CVΔI adalah Koefisien variasi untuk perubahan laba, dan CVΔS adalah Koefisien variasi untuk perubahan Pendapatan

CVΔI dan CVΔS dapat dihitung sebagai berikut:

CVΔI dan CVΔS = √ Variance / Expected value

atau

rumus indeks eckel

Dimana ΔX adalah Perubahan laba (I) atau perubahan pendapatan (S) antara tahun ke n-1 ke tahun ke n

Perusahaan yang melakukan perataan laba ataupun yang tidak melakukan perataan laba bisa dideteksi melalui indeks Eckel dengan melihat apabila nilai indeks Eckel lebih besar dari 1 (satu) maka perusahaan tidak melakukan perataan laba, tetapi apabila indeks Eckel lebih kecil dari 1 (satu), maka perusahaan tersebut melakukan perataan laba.

Tahap pertama adalah mengumpulkan data laba bersih (istilah saat ini total laba komprehensif) setiap data sampel per masing-masing tahun

PL1

Selanjutnya lakukan hal yang sama seperti cara diatas, tetapi khusus untuk data pendapatan

PL2

Pada tahap ini kita akan menghitung koefisien variasi dari variable laba (I) dengan detail perhitungan sebagai berikut:

PL3

Demikian pula selanjutnya kita menghitung koefisien variasi dari variable pendapatan (S) dengan detail perhitungan sebagai berikut:

PL4

Untuk mengetahui suatu perusahaan termasuk dalam kelompok yang melakukan perataan laba atau tidak dengan menggunakan indeks eckel ini ditunjukkan dengan nilai kurang dari satu untuk perataan laba dan nilai lebih dari satu untuk bukan perataan laba. Dari hasil perhitungan indeks eckel dapat diketahui bahwa dari 13 sampel perusahaan perbankan dalam penelitian saya ini, sembilan diantaranya melakukan perataan laba, hanya empat bank saja yang tidak melakukan perataan laba.

PL5

Namun penelitian saya ini masih memiliki keterbatasan, diantaranya n data sample yang cuma empat tahun. Karena rentang waktu yang digunakan selama empat tahun juga masih terlalu singkat dibandingkan dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang dapat mencakup sepuluh tahun. Penelitian berikutnya diharapkan bisa menggunakan n yang lebih banyak lagi. Pertimbangan jumlah sampel penelitian hendaknya juga lebih ditingkatkan untuk menggeneralisasikan hasil penelitian. Karena 13 sampel yang dipakai dalam penelitian ini dirasakan masih kurang.

Semoga dengan penjabaran cara menghitung indeks eckel ini para pembaca paham dan bisa melakukannya sendiri. Akhir kata selamat mencoba dan selamat melakukan penelitian. Jangan Tanya-tanya saya lagi ya, cukup dengan testimoni nya saja di kolom komentar. He..he..

Advertisements

About akuntansibisnis
Me

29 Responses to Mengetahui Perataan Laba Menggunakan Indeks Eckel

  1. dewi says:

    Maaf pak mau tanya.. utk rumus nya kan ada akarnya tp kok di tabel perhitungannya tdk diakar ya??

  2. Chan says:

    Pak beda manajemen laba n perataan laba itu gimana?? Soalnya kn ada skripsi yg mengambil tema perataan laba ada jg yg manajemen laba?? Makasih

  3. Chan says:

    Di revisi ya pak.. hasilnya berubah lagi ya.. soalny kmrn CVΔI nya kmrn kl gk salah 1,488… ini sudah fix??

  4. siti says:

    maaf pak saya mau tanya, bgmna cara hitung CVΔI karena setelah saya hitung hasilnya bukan 1.02 tapi 1,488 ? mohon bantuanya, karena saya ingin bisa menghitung indeks trsbt untuk keperluan tugas saya.

  5. dewi says:

    Maaf pak.. mau tny, apa ada buku yg bisa gunakan sbg refensi perhitungan indeks eckel ini pak? Makasih

  6. nurma says:

    Pak kl perhitungannya itu per tahun gmn pak? Misal pengamtan thn 2013-2015 dicari indeks eckelnya per thn trstbt. Blh apa tidak?

  7. dewi says:

    Maaf pak, mau tny.. apakah ada buku yg dpt sya gunakan sbg refrensi perhitungan indeks eckel ini pak? Makasih

  8. tores says:

    mas, ini pendapatan untuk indeks eckel di laporan keuangan namanya apa yah??

  9. Dewi says:

    Pak, utk indeks eckelnya kl menghitung per tahun caranya gmn? Makasih

  10. widiyanti says:

    Maaf mas saya mau tanya bagaimana cara perhitungan CVΔI pada excel. Karna saya hasil saya berbeda dengan hasil mas. Mohon bantuannya

  11. Meliya ulfa says:

    Maaf pak saya mau tanya saya menghitung hasilnya nihil ya pak
    Rentan waktu saya 5th ada email bapak
    Soalnya saya meneliti tentang ini

  12. yulita says:

    bagaimana cara perhitungan hingga dapat 1,02?

  13. widiyanti says:

    mas mau tanya bagaimana cara menghitung cv perubahan laba untuk per tahunnya . ohon bantuannya

  14. yulia says:

    Assalamu alaikum, artikel yang menarik pak untuk dibaca
    tapi saya mau bertanya sedikit tentang penelitian pak, apakah bisa indeks eckel ini digunakan untuk analisis fraud diamond pak?

  15. Solomon Giftman Sagala says:

    Bang mau nanya, saya solomon sagala, mau nanya bang, kalo perhitungan per tahun nya gimana ya bang? Mohon info nya ya bang, saya ada di nomor wa 081286084975

  16. Anom says:

    Mohon maaf menggangu pak, saya mau tanya, cara cari CVΔI dan CVΔS , saya coba hasilnya tetap beda pak. Tolong kirim rumus buat yang di excel pak. Terima kasih

  17. Agusth billy bonnex roempoembo says:

    mohon ijin coment pak saya mohon bantuan bapak, mohon ijin kenalakan diri sy agusth billy bonnex roempoembo (22 thn), mahasiswa akuntansi universitas Musamus merauke papua smster ahkhir, sya kbtlan pnelitian skripsis saya mngenai income smothing sbgai variabel dependen, sy mempuyai kesulitan saat mnghitung coefisien variasi dari variabel pendpan dan laba,, yg sy mau nanya gmna cra mnghitungnya pak.. ?? alur awal dri tgapan htunganya gmna? dan sy ambil sampelnya di sektor perbankan periode 2013-2015

  18. Mahrus says:

    maaf mohon bantuannya pak itu kan hasilnya ada yang negatif ya erus apakah begitu atau jika mau kita masukan ke spss di rubah positif yah pak / maksudnya di rubah ke positif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: