Inovasi Akuntansi Manajemen Kontemporer

 

Accounting InnovationOleh: Harry Andrian Simbolon, SE., MAk., QIA., AK., CA., CPA., CMA

Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks saat ini, kompetisi adalah suatu keniscayaan, tidak hanya menghadapi kompetisi internal tetapi juga global. Para pemilik perusahaan ingin perusahaannya maju dan mencapai posisi yang lebih tinggi di pasar dalam setiap aspek bisnis. Akibatnya tanggung jawab pimpinan perusahaan semakin berat. Disinilah akuntansi manajemen memainkan perannya membantu pimpinan demi keberhasilan organisasi, terutama untuk mengontrol biaya, melaporkan produktivitas dan penentuan harga. Karena kebutuhan ini, maka tak bisa dipungkiri pula bahwa akuntansi manajemen terus berubah mengikuti perubahan lingkungan bisnis itu sendiri.

Akuntansi manajemen dihasilkan dari praktik bisnis yang sangat panjang dimana manajer organisasi bisnis menggunakan informasi keuangan organisasi mereka dalam pengambilan keputusan yang memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi mereka. Sekitar 200 tahun yang lalu ketika revolusi industri terjadi, akuntansi manajemen berkembang dan memiliki peran penting di Amerika Serikat dan negara-negara lain di dunia. Pada revolusi industri terjadi banyak peningkatan produksi, misalnya produk tekstil, sehingga kebutuhan akan informasi terkait penetuan, pengendalian dan perencanaan biaya juga meningkat. Kelahiran akuntansi manajemen bermula dari sebuah perusahaan kereta api yang hendak membuat jalur kereta api, yang dalam prosesnya melakukan perencanaan dan menentukan biaya. Andrew Carnegie menggunakan lembar biaya di akhir abad kesembilan belas ketika ia menentukan biaya produk baja. Dengan cara ini akuntansi manajemen mulai diperhitungkan di banyak organisasi. Pada awal abad kedua puluh kemajuan luar biasa dalam akuntansi manajemen terjadi ketika konsep Return on Investment (ROI) Du Pont diperkenalkan. Sejak saat itu akuntansi manajemen menjadi disiplin ilmu mandiri dan diperhitungkan, dan kemudian terus berubah mengikuti tren industri.

Ada sejumlah penelitian tentang inovasi akuntansi manajemen yang menganggap praktik akuntansi manajemen telah berubah sangat drastis. Menurut Kaplan, titik tolak perkembangan akuntansi manajemen terjadi pada tahun 1984. Dalam artikel yang diterbitkan pada tahun 1984, Kaplan menyimpulkan bahwa model akuntansi biaya tradisional sebelum 1984 tidak lagi memadai untuk organisasi dengan teknologi manufaktur modern dan lingkungan bisnis yang kompetitif. Menyusul setelah itu Activity Based Costing (ABC) dan Balanced Scored Card (BSC) dikembangkan dan dipublikasikan dalam artikelnya yang diterbitkan pada tahun 1994. Kaplan mendokumentasikan bagaimana ABC, Operating Control System (OCS) dan BSC dijabarkan dan disebarluaskan melalui publikasinya selama periode 1984-1994.

Sama halnya dengan Bjornenak dan Olson (1999), mereka mengikuti perkembangan literatur akuntansi manajemen untuk memahami perubahan dalam karakteristik model akuntansi manajemen. Mereka menemukan bahwa model akuntansi manajemen kontemporer telah mengalami perubahan yang signifikan yaitu dengan meningkatnya keterlibatan pengguna dan penggunaan informasi non keuangan dan eksternal.

Studi tentang faktor-faktor penentu inovasi akuntansi manajemen menemukan berbagai faktor organisasi, teknis dan ekonomi yang mempengaruhi difusi dan adopsi dari implementasinya. Faktor-faktor itu diantaranya persaingan global dan perubahan teknologi (Waweru, Hoque dan Uliana, 2004), kesenjangan kinerja (Lin dan Yu, 2002), struktur organisasi (Abernethy dan Bouwens, 1995; Cavaluzzo dan Ittner, 2004), pelatihan dan dukungan manajemen puncak (Cavaluzzo dan Ittner, 2004) dan pengaruh pemerintah (Lapsley dan Wright, 2004). Bertentangan dengan hal itu, Libby dan Waterhouse (1996) menemukan bahwa struktur organisasi, ukuran dan persaingan tidak memprediksi perubahan sistem akuntansi manajemen.

Berikut adalah beberapa inovasi akuntansi manajemen kontemporer yang merupakan pengembangan dari konsep sebelumnya maupun konsep yang baru dikembangkan:

Contemporary Accounting

Pada tataran yang lebih detail inovasi-inovasi akuntansi diatas dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Costing practices

Fixed and variable costs

Overhead rates on the basis of plant and department

Learning curve

Cost of quality

Target costing

Activity based costing

Budgeting Practices

Planning purposes budgeting

Controlling cost budgeting

Strategic planning

Flexible budgeting

Activity based budgeting

Zero based budgeting

Beyond budgeting

Decision making Practices

Profitability analysis about the product

Break even analysis or cost volume profit analysis

Cash flows

Time value of money and payback period

Customer profitability analysis

Probability analysis

Non-financial decision making

Performance evaluation Practices

Financial measures

Non-financial measures that are related to the operation and innovation

Non-financial measures that are related to customers

Benchmark of performance evaluation

Non-financial measures about employees

Life cycle of the organization

Birth: Small firms, Dominated by owner manager, Informal structure

Growth: Medium firms, multiple shareholders, some formalization of structure

Maturity: Large firms, Formal, bureaucratic structure, Functional basis of organization

Revival: Very large firms, Divisional basis of organization, High differentiation

Decline: Market size firms, Formal, bureaucratic structure and slower growth

Di masa yang akan datang dipastikan akan terus bermunculan inovasi-inovasi yang lebih baru lagi mengikuti kebutuhan stakeholder atas informasi akuntansi manajemen. Dapat diprediksi bahwa di masa yang akan datang akuntansi manajemen akan menjadi disiplin ilmu dan profesi yang sangat berperan bagi perusahaan modern. Sejalan dengan itu para insan akuntansi manajemen harus selalu siap menghadapi setiap tantangan untuk selalu berubah mengikuti kebutuhan lingkungan bisnis.

Advertisements

About akuntansibisnis
Me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: